Mencegah Kerontokan Rambut dengan Makanan

Rambut rontok sudah menjadi masalah bagi wanita dan pria. Namun kekhawatiran akan rambut yang rontok justru akan memperburuk keadaan.

Sudah beberapa menggunakan obat-obat yang menjamin rambut dapat bertumbuh kembali dan mencegah kerontokan menjadi lebih parah, atau tidak ada perubahan sama sekali.

Kerontokan rambut sebenarnya normal tterjadi setiap harinya, namun ada dari saudara atau orang tua memiliki masalah dengan kerontokan hingga mengalami kebotakan, maka secara genetika Anda juga akan beresiko botak.

Kerontokan rambut sebenarnya terjadi karena pola makan, stress yang berkelanjutan pada rambut dan beberapa kebiasaan buruk lainnya yang menyebabkan Anda makin khawatir dan ketakutan.

Jadi apa yang harus dilakukan?

Jika Anda mengalami kerontokan rambut, maka sudah jelas tubuh Anda membutuhkan asupan protein, omega 3 dan asam gamma linolenat.

Protein untuk merangsang pertumbuhan rambut, omega 3 membantu pertumbuhan rambut dan kesehatan Anda secara menyeluruh, sedangkan asam gamma linolenat berguna untuk mengurangi eczema, PMS (Pra Menstruasi Sindrom) dan tekanan darah tinggi.

Lalu makanan apa saja yang mengandung 3 hal tersebut?

Daging
Merupakan sumber protein terbaik dan juga lemak tak jenuh dari ikan. Ikan memang mengandung banyak kebaikan untuk tubuh dan rambut yang kuat. Ikan yang dijual di pasar merupakan pilihan terbaik karena biasanya merupakan ikan yang hidup liar di laut. Ikan yang dibudidayakan secara ternak biasanya mengandung steroid yang membahayakan manusia jika dikonsumsi terus menerus.
Saran terbaik, konsumsi ikan salmon yang liar (bukan yang ternak), ikan makarel dan tuna minimal 3 kali dalam seminggu untuk dapat meningkatkan keuatan dan pertumbuhan rambut.

Kacang
Kacang merupakan sumber terbaik dari lemak omega 3. Banyak meng-konsumsi biji borage, biji bunga matahari tawar, walnut dan biji lenan yang dapat dicampur dengan salad akan membalikkan kerontokan rambut yang Anda alami.

Sayur-sayuran
Sayur-sayuran penting perannya dalam merangsang pertumbuhan rambut dan kesehatan tubuh. Sayuran yang baik untuk dimakan guna merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan adalah bayam, ubi, brokoli, wortel, sayuran kale dan kacang kedelai.

Buah-buahan
Bah-buahan sama pentingnya dengan sayur-sayuran dalam hal melawan kerontokan rambut. Selain rasanya lebih menyegarkan. KOnsumsi buah aprikot, mangga, alpukat, blueberries dan kiwi sangat bagus untuk rambut.

Herbal
Tidak ada ilmu ilmiah yang endukung herbal dapat menolong kerontokan rambut. Namun saw palmetto dikenal memiliki manfaat untuk masalah kebotakan dan kerontokan rambut.
 

Copyright © 2010 Krim Kecantikan Lestari All Rights Reserved

Design by Dzignine